Beberapa Software Pengedit Video Gratis Terbaik Bagian 1

Beberapa Software Pengedit Video Gratis Terbaik Bagian 1

Beberapa Software Pengedit Video Gratis Terbaik Bagian 1 – Perangkat lunak pengeditan video gratis terbaik dapat memberikan cara mudah untuk menguji diri saat Anda mempertimbangkan karir di videografi, meskipun mereka tidak akan cocok dengan berbagai fitur yang ditawarkan dalam perangkat lunak berbayar terbaik.

Meskipun tidak ada yang salah dengan membayar aplikasi pengeditan video yang bagus, itu tidak selalu layak untuk dilakukan, terutama jika Anda tidak yakin untuk membuat komitmen. Untungnya, ada banyak perangkat lunak pengeditan video untuk dipilih saat ini. Ini karena sebagian besar berfungsi sebagai kampanye promosi untuk perangkat lunak berbayar oleh pembuat yang sama.

Beberapa Software Pengedit Video Gratis Terbaik Bagian 1

01. Lightworks

Lightworks adalah editor video gratis dengan antarmuka pengguna drag-and-drop. Ini menawarkan fitur-fitur canggih seperti pengeditan video multicam dan multi-track, yang memungkinkan Anda mengedit klip dari beberapa kamera ke dalam satu proyek. Ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi proyek dengan pengguna lain dan berkolaborasi dengan mereka saat mengedit video secara real time.

Selain itu, Lightworks memungkinkan Anda mengimpor dan mengekspor video di latar belakang sambil terus mengerjakan hal-hal lain di latar depan, fitur yang berguna bagi pengguna yang menyukai multitasking. Versi pro dari perangkat lunak ini hadir dengan lebih banyak fitur, seperti berbagi media sosial langsung dan kemampuan untuk mengekspor video dalam berbagai format.

Salah satu fitur terkuat perangkat lunak ini adalah antarmuka penggunanya yang sangat dapat disesuaikan. Namun, ini juga merupakan kelemahan terbesarnya, karena menyeret jendela melintasi antarmuka untuk membuat kombinasi tata letak tanpa akhir bisa sangat membingungkan bagi pengguna pemula. Untungnya, ada banyak video tutorial untuk membantu Anda di sini.

02. KineMaster

Jika menurut Anda pengeditan video profesional di ponsel cerdas atau tablet Anda memerlukan perangkat lunak berbayar, pikirkan lagi. KineMaster tersedia untuk perangkat Android, iPhone, dan iPad, dan jauh melampaui apa yang Anda harapkan dari aplikasi seluler gratis.

Kinemaster memiliki antarmuka yang cerdas dan mudah digunakan yang intuitif dan bebas lag. Fitur termasuk kemampuan untuk mengedit beberapa lapisan, menambahkan tulisan tangan dan anotasi teks, bereksperimen dengan hingga empat trek audio, dan mengedit secara tepat pada tingkat bingkai dan sub-bingkai.

Hasil tangkapannya adalah Anda akan mendapatkan watermark di video Anda. Jika Anda ingin menghapusnya, Anda harus berlangganan versi premium dengan harga (yang masih masuk akal) $4,99/bulan atau $39,99/tahun.

03. OpenShot

OpenShot adalah editor video dasar yang bagus dengan beberapa fitur tambahan. Ini menggunakan desain minimalis, dan antarmuka drag-and-drop mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Meskipun perangkat lunak ini tidak menawarkan banyak fitur kompleks, sifatnya yang bebas dan sumber terbuka berarti tidak ada iklan, watermark, atau peningkatan berbayar yang harus dihadapi.

Terlebih lagi, OpenShot menawarkan kemampuan pengeditan video berbasis lapisan yang memungkinkan Anda menumpuk lapisan dalam jumlah tak terbatas ke video Anda, baik itu soundtrack, video yang tumpang tindih, atau gambar khusus.

Ini juga menawarkan berbagai templat kartu judul yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Selain itu, ada semua opsi biasa untuk menyesuaikan dan menyempurnakan video Anda, baik itu memotong, memangkas, memutar, atau mengubah ukuran. Anda juga dapat menyesuaikan elemen seperti kecerahan, kontras, gradasi warna, dan gamma.

Pada akhirnya, Openshot memiliki semua yang Anda harapkan dari editor video gratis. Namun, ada beberapa masalah. Ini termasuk masalah kelambatan yang signifikan dan fakta bahwa fitur tidak selalu berfungsi seperti yang seharusnya. Atau ketika mereka bekerja, mereka membutuhkan waktu lama untuk melamar, membuat proses pengeditan menjadi frustasi.

04. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah alat pengeditan video gratis yang menggabungkan pengeditan 8K profesional, koreksi warna, efek visual, dan pasca-produksi audio ke dalam satu ruang. Ini secara teratur digunakan pada produksi film dan TV beranggaran besar, dan memiliki kemampuan koreksi warna dan audio yang sangat kuat.

Selain fitur warna tradisional seperti editor kurva dan roda warna primer, ada juga pengenalan wajah dan pelacakan, sehingga Anda dapat menyesuaikan warna kulit, mata, dan warna bibir. Untuk audio, DaVinci Resolve menggunakan Fairlight, seperangkat alat pengeditan kelas atas yang memungkinkan Anda mencampur dan menguasai hingga 1.000 saluran.

Cukup luar biasa bahwa perangkat lunak ini tersedia dengan hampir semua fitur yang ada dalam versi gratisnya. Anda tidak akan mendapatkan watermark yang ditambahkan ke video Anda, kecuali jika Anda menggunakan efek tidak bebas seperti pengurangan kebisingan. Jadi, jika Anda mencari perangkat lunak pengeditan video gratis terbaik untuk Windows atau Mac, ini mungkin saja.

05. VideoPad

VideoPad adalah editor video gratis dengan banyak fitur untuk pengguna tingkat lanjut dan antarmuka sederhana untuk pemula. Namun yang paling penting, VideoPad menawarkan pengguna tingkat kontrol atas suara yang biasanya tidak terlihat di editor video, menjadikannya pilihan yang bagus untuk urutan film yang mengandalkan efek audio yang berat.

Beberapa Software Pengedit Video Gratis Terbaik Bagian 1

Meskipun tidak sekuat Lightworks, VideoPad menonjol dari pesaing dengan menawarkan fitur pengeditan audio yang kuat dan fungsi pencampuran suara tanpa label harga editor video profesional. Ini mendukung jumlah trek audio yang tidak terbatas dan menyediakan seluruh perpustakaan efek suara untuk dimainkan. Ini juga memungkinkan pengeditan video 3D, fitur langka di antara alat pengeditan video gratis di pasar.

Selain itu, VideoPad memiliki kemampuan berbagi yang luar biasa, dengan perpustakaan efek dan transisi yang ramah media sosial dan opsi untuk berbagi video secara langsung dengan media sosial. Anda dapat memposting video ke platform seperti Facebook atau YouTube tanpa harus meninggalkan perangkat lunak.

Scroll to top